Antony Lee Transfer Ilmu Kehumasan Kepada KPU se-Sumatera Barat

Komisi Pemilihan Umum Sumatera Barat kembali mengadakan pelatihan kehumasan bagi jajarannya pada hari Sabtu (16/5). Mengingat tanggal pelaksanaan kegiatan masih berada dalam masa tanggap darurat wabah Covid-19, maka pelatihan kehumasan kali ini dilakukan secara daring menggunakan aplikasi zoom meeting, mulai pukul 09.30 WIB. Pelatihan yang berlangsung lebih dari 2 (dua) jam tersebut diikuti oleh hampir 80 (delapan puluh) orang komisioner dan sekretariat KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat.

Gebril Daulay

Narasumber yang memberikan materi adalah Antony Lee, seorang editor politik dan hukum Kompas. Gabriel Daulai, Ketua Divisi SDM dan Parmas KPU Provinsi Sumatera Barat menyampaikan terima kasih atas kesediaan narasumber dan berharap ada perbaikan pengelolaan kehumasan di KPU se-Sumatera Barat. “Selama ini belum terlihat perkembangan yang berarti dalam hal penggunaan media komunikasi publik sebagai salah satu sarana penyampaian informasi di KPU Provinsi Sumatera Barat dan Kabupaten/Kota.

Salah satu indikasinya yang bisa dilihat secara jelas adalah tidak ada update berita di website perminggu apalagi perhari” ujar Gebril.

Dalam paparannya, secara umum Antony Lee menyampaikan dua materi penting terkait dengan pengelolaan kehumasan di KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota dan materi tentang cara menulis berita yang baik dan menarik. Menurut Antony, setiap konten yang disampaikan hendaklah lebih substantif, tidak hanya menyampaikan seremonial, tetapi makna dari kegiatan tersebut.

“Humas harus bisa berperan menjaga kepercayaan publik dengan lebih meningkatkan transparansi dan peran humas itu sendiri” tegas Antony

Antony Le

Dengan adanya pelatihan tersebut, semoga kemampuan subbagian teknis dan hupmas KPU se Sumatera Barat dalam menyajikan berita dan informasi khususnya terkait kepemiluan menjadi lebih baik.  Sehingga menarik minat masyarakat untuk terus berkunjung ke media sosial ataupun website yang dikelola KPU untuk mendapatkan informasi kepemiluan langsung dari sumbernya. (wie-tekhupmas)

KPU Bukittinggi

https://kota-bukittinggi.kpu.go.id/