Dari Ngarai Sianok, KPU Bukittinggi Cetak Masyarakat Sadar Memilih

Bukittinggi, kpu.go.id – Sadar akan pentingnya partisipasi masyarakat dalam pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bukittinggi menyelenggarakan program pendidikan pemilih dalam bentuk kursus pemilu. Kursus singkat selama lima hari berhasil diikuti 100 peserta berasal dari mahasiswa serta masyarakat umum yang ada di Kota Bukittinggi.
 
Kegiatan sendiri bertempat di Monkey Land Café di Ngarai Sianok Bukittinggi. Sebagai informasi Ngarai Sianok merupakan daerah perbukitan dan lembah berhawa sejuk dan menjadi lokasi favorit masyarakat. “Awalnya tujuan saya mengikuti acara ini cuma jalan-jalan, tapi setelah datang ke sini sangat banyak informasi yang tadinya saya tidak tahu menjadi tahu dan membuat saya tertarik untuk menjadi penyelenggara pemilu,” ungkap Yuni, mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
 
Kursus kepemiluan ini terbagi dalam lima sesi pertemuan, (10, 13, 14, 15 dan 19 November 2018). Di hari terakhir hadir Ketua KPU Kota Bukittinggi Benny Aziz, sebagai narasumber dan Kasubag Teknis dan Hupmas KPU Kota Bukittinggi Beni Mustika sebagai moderator.
 
Dalam pesannya Benny mengatakan bahwa kursus pemilu adalah cara lembaganya menyosialisasikan segala hal tentang kepemiluan kepada masyarakat. Menurut dia, KPU juga butuh dukungan masyarakat untuk menyampaikan informasi kepemiluan kepada masyarakat lain yang ada dilingkungannya.
 
Salah satu pesan yang ditekankan Benny pada kegiatan ini menurut adalah bagaimana mengajak peserta menjauhi politik uang (money politic) dalam pemilu. “Seratus ribu, dua ratus ribu paling habis satu sampai dua hari. Namun kita akan melarat lima tahun ke depan,” ujar Benny.
 
 
Sejak hari pertama kegiatan, seluruh peserta nampak antusias mengikuti setiap tahap acara. Selain materi yang dibawakan menarik karena menambah wawasan kepemiluan, penyajian yang diselingi dengan ice break juga membuat peserta tidak bosan. Disamping itu, panorama Ngarai Sianok yang elok turut membantu peserta menghilangkan kejenuhan. (uie/ed diR)

KPU Bukittinggi

https://kota-bukittinggi.kpu.go.id/