Antusiasme Masyarakat Terhadap Pojok Pemilu Kota Bukittinggi

Bukittinggi, kpu.go.id  | Dalam rangka meningkatkan kesadaran berpolitik serta partisipasi pemilih masyarakat, khususnya warga Kota Bukittinggi, KPU Kota Bukittinggi menggelar Pojok Pemilu Kota Bukittinggi yang dimulai pada Hari Sabtu dan Minggu (4-5 Agustus) kemarin. Pada Hari Sabtu, pojok pemilu digelar di 2 lokasi, yaitu di lapangan wirabraja Kota Bukittinggi, dan  dibawah jembatan penyebrangan RSUD Achmad Muchtar Bukittinggi. Sedangkan pada Hari Minggu Pojok Pemilu digelar di teras KPU Kota Bukittinggi dikarenakan cuaca kurang mendukung.

Pojok Pemilu di Lapangan Wirabraja Kota Bukittinggi

Pembukaan Pojok Pemilu Kota Bukittinggi di lapangan Wirabraja cukup sukses, karena banyak warga tertarik untuk mencek status pemilihnya apakah sudah terdaftar atau belum. Pihak KPU Kota Bukittinggi menyediakan laptop bagi warga yang ingin mencek status pemilihnya,atau pemilih bisa mencek sendiri status pemilihnya dengan membuka sidalih3.kpu.go.id, lalu melaporkan ke tim Pojok Pemilu apabila datanya tidak ditemukan atau ada kesalahan.

Pojok Pemilu dibawah jembatan penyebrangan RSUD Achmad Muchtar Bukittinggi

Antusiasme masyarakat terhadap pojok pemilu terbukti dengan warga yang berdatangan tidak lama setelah dibukanya pojok pemilu. warga yang mencek status pemilihnya tidak hanya berasal dari Kota Bukittinggi saja, ada juga yang berasal dari luar kota bahkan luar provinsi Sumatera Barat. Bagi warga Kota Bukittinggi yang tidak terdaftar di sebagai pemilih atau terdapat kesalahan data pemilih, tim pojok pemilu langsung mengisikan data warga tersebut ke dalam form tanggapan masyarakat Data Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP). Bagi warga luar Kota Bukittinggi yang belum terdaftar, tim Pojok Pemilu mengarahkan warga tersebut untuk menghubungi Panitia Pemungutan Suara (PPS) di daerah masing-masing.

Pojok Pemilu Hari Kedua di teras KPU Kota Bukittinggi
Proses pengecekan data salah satu warga Kota Bukittinggi pada Pojok Pemilu di lapangan wirabraja.

 

KPU Bukittinggi

https://kota-bukittinggi.kpu.go.id/