KPU Sumbar : Pengantian Bacaleg Diperbolehkan, Suket Sehat Jasmani Wajib Lampirkan Hasil Pemeriksaan

Padang,-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar beri sinyal kepada partai politik terkait penggantian bacaleg yang diajukan parpol pada masa perbaikan dan surat kesehatan jasmani.

Anggota KPU Sumbar Divisi Teknis Izwaryani mengatakan, sesuai tahapan masa perbaikan syarat calon dan bakal calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah tingkat provinsi, untuk penggantian bacaleg yang diajukan parpol penggantiannya bacaleg diperbolehkan.

“Bakal calon pengganti bisa dari calon baru yang belum pernah diajukan pada masa pengajuan di tingkat manapun, atau berasal dari bakal calon yang juga berstatus BMS di dapil yang sama dengan calon yang akan diganti saat ini KPU Sumbar sedang menunggu juknis dari KPU-RI” ujar Izwaryani di KPU Sumbar Senin, 23 Juli 2018.

Izwaryani menambahkan, jika yang diganti adalah calon berstatus BMS, masih boleh tukar nomor urut antar sesama BMS di dapil yang sama.

“Jika sampai akhir masa perbaikan, ada calon yang BMS tetapi tidak dilakukan perbaikan atau penggantian, calon tersebut dinyatakan TMS dan tidak dapat diganti , sehingga namanya tidak dicantumkan pada rancangan DCS, dan nomor urut yang di bawahnya akan dinaikkan” jelas Izwaryani.

Sementara itu untuk surat keterangan jasmani bacaleg kata Izwaryani, wajib melampirkan atau menunjukkan hasil pemeriksaan yang ditandatangani oleh dokter spesialis. Parpol diberi waktu melakukan perbaikan syarat calon selama sepuluh hari dari 22 sampai 31 Juli 2018. (Romelt)

KPU Bukittinggi

https://kota-bukittinggi.kpu.go.id/