KPU Kota Bukittinggi Bersama Ratusan Pegawai Lain Ikut Berpartisipasi dalam Kegiatan Jumat Bersih di kawasan Objek Wisata Janjang Saribu.

Ratusan pegawai SOPD Kota Bukittinggi melaksanakan Jumat bersih di kawasan objek wisata Janjang Saribu Bukit Apit Puhun Bukittinggi, Jumat (19/1). Kegiatan ini juga dihadiri oleh Anggota Kodim 03-04/Agam, Polresta Bukittinggi, Korps Relawan Palang Merah Indonesia (PMI), serta jajaran dari Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). KPU Kota Bukittinggi yang juga bagian dari lembaga pemerintahan yang ada di Bukittinggi, turut serta dalam kegiatan ini.

            Kegiatan  Jumat bersih diselenggarakan berdasarkan surat undangan dari SEKDA Kota Bukittinggi Nomor 39/PPKLH/DLH-BKT/I-2018. Program bersih-bersih kota dilaksanakan  dalam rangka pembenahan lingkungan objek wisata Janjang Saribu dan perwujudan Bukittinggi bersih, indah, sehat, nyaman serta pemantapan persiapan penilaian Adipura tahun 2018. Jumat bersih merupakan kegiatan rutin setiap bulan, yang lokasinya berbeda-beda, namun satu tujuan untuk kebersihan Kota Bukittinggi

Pada kegiatan ini Ramlan Nurmatias, Walikota Bukittinggi juga ikut membersihkan semak-semak yang menutupi janjang tersebut. Dengan menggunakan mesin pemotong rumput, Walikota yang dulu pernah menjabat sebagai Ketua KPU Kota Bukittinggi periode 2003-2008 ini, terkesan sudah terbiasa menggunakan mesin tersebut.sebelum kegiatan dimulai beliau juga menjadi komandan apel pagi seta memberikan arahan kepada pegawainya tentang apa yang akan mereka kerjakan. Hal tersebut merupakan bentuk kepedulian beliau dalam kegiatan jumat bersih tersebut.

            Janjang Saribu merupakan salah satu objek wisata di Kota Bukittinggi yang menjadi destinasi wiasata, yang sering dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Janjang Saribu merupakan anak tangga yang menghubungkan Ngarai Sianok ke Bukit Apit Puhun.Bukittinggi, Kota yang menawarkan sejuta keindahan memiliki banyak objek wiasata lain seperti Lobang Jepang, Jam Gadang, Taman Ngarai Maram, Benteng, dan Janjang Saribu. Dari tempat ini wisatawan dapat melihat pemandangan elok yang ditawarkan Ngarai Sianok. Namun keadaan akhir-akhir ini kondisi Janjang Saribu mulai memprihatinkan karena telah ditumbuhi semak belukar. Sehingga Janjang Saribu membutuhkan perhatian khusus untuk mengembalikan pesona alaminya. Untuk itu perwakilan  anggota KPU Kota Bukittinggi juga turun langsung untuk membantu menciptakan keindahan Janjang Saribu.

            Yasman, Sekretaris KPU mengatakan “Tadi pagi saya bersama teman-teman membersihkan objek wisata Janjang Saribu, baik di pinggir sungai hingga jalan. Kegiatan ini dilakukan dari lapangan parkir ngarai sampai kearah puncak Bukit Apit Puhun. Kegiatan gotong royong ini menurut saya sebaiknya dilakukan secara rutin agar objek wisata di lingkungan Kota Bukittinggi menjadi bersih dan dapat dilirik oleh wisatawan lokal, nusantara hingga mancanegara sebagai tujuan wisata. Selain itu kegiatan ini juga dapat menjaga tali silaturahmi antara ASN Kota Bukittinggi” sembari mengapus tetesan keringat di ruangannya, sesaat setelah kembali dari kegiatan gotong royong.

            Selain Sekretaris KPU Kota Bukittinggi,  Kasdanil, Kasubag Program dan Data juga mewakili KPU dalam kegiatan Jumat bersih. “Kegiatan gotong royong ini bertujuan untuk membersihkan objek wisata yang kurang terperhatikan. Kegitan ini diikuti oleh stakeholder Kota Bukittinggi. Menurut saya kegiatan jumat bersih ini bermanfaat untuk menyambung tali silaturahmi antar SOPD Kota Bukittinggi. Dan gotong royong ini sangat baik untuk memajukan objek wisata Kota Bukittinggi”,  tuturnya di dalam ruangan staff KPU Kota Bukittinggi sambil membersihkan sisa-sisa kotoran yang masih menempel di baju, namun tetap tersenyum ramah dengan keringat yang masih menetes.

(rn/mas)

KPU Bukittinggi

https://kota-bukittinggi.kpu.go.id/